Safety Shoe Codes – Apa Artinya?

Ada pekerjaan yang menyajikan bahaya sehari-hari seperti itu bahwa alat pelindung harus dipakai saat melakukan semua fungsi pekerjaan yang diperlukan. Salah satu bagian terpenting dari alat pelindung ini adalah sepasang sepatu pengaman. Tetapi sebelum Anda mulai membeli sepatu yang tidak pantas buatlah pikiran Anda tentang berbagai kode pengaman yang ada.

Sepatu keselamatan sudah tersedia dan merupakan salah satu cara termudah untuk membantu mencegah kecelakaan dan cedera di tempat kerja. Ada standar internasional yang menentukan berbagai tingkat perlindungan yang disediakan oleh sepatu keselamatan. Standar-standar ini juga memberikan tolok ukur pengujian yang harus dipenuhi agar sepatu memenuhi syarat untuk klasifikasi resmi. Sepatu pengaman dinilai dari skala dari S1 hingga S5.

Sepatu S1 hanya satu tingkat di atas boot keselamatan atau boot kerja standar. Sepatu kelas S1 memiliki ketahanan yang tinggi terhadap lecet, jari kaki baja dan tidak licin. Mereka juga memiliki penyerapan energi di sol yang dapat mencegah cedera yang disebabkan oleh jatuh pendek atau dampak keras dengan tanah. Kelas sepatu ini juga harus tahan terhadap panas kontak. Selain semua ini, sepatu S1 memiliki perlindungan antistatik yang dapat membantu mencegah percikan api statis.

Sepatu keselamatan S1 adalah ide untuk pekerjaan yang melibatkan penanganan bahan kimia yang mudah terbakar atau gas yang dapat dinyalakan dengan percikan elektrostatik. Manufaktur dan pekerjaan pabrik termasuk dalam kategori ini.

Sepatu S2 menyediakan semua perlindungan sepatu S1, tetapi juga tahan air. Sepatu kelas S2 sangat ideal untuk pekerjaan di mana pekerja harus bergerak melalui genangan air atau bahan kimia. Sepatu ini cocok untuk pekerjaan seperti perawatan di luar ruangan, lansekap atau beberapa konstruksi.

Sepatu S3 termasuk semua perlindungan yang tersedia di sepatu S1 dan S2, tetapi termasuk penambahan plat kuku yang kuat di telapak kaki. Pelat kuku ini dirancang untuk mencegah cedera yang mungkin disebabkan oleh sepatu yang tertusuk dari bawah. Sepatu ini dirancang untuk pekerjaan konstruksi berat, pekerjaan pembongkaran dan pekerjaan apa pun yang membutuhkan gerakan melintasi puing-puing atau medan berbahaya.

Sepatu keselamatan S4 dan S5 identik dengan sepatu kelas S1 dan S3 masing-masing, tetapi terbuat dari polimer seperti karet. Sepatu kelas S1 hingga S3 terbuat dari non-polimer seperti kulit. Sepatu kelas S2 tidak memiliki penamaan polimer yang sesuai karena waterproofing adalah kebutuhan dasar dari sepatu polimer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *